Senin, 29 April 2013

KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal)


Ø  PENGERTIAN
Ø Kriteria ketuntasan minimal (KKM) adalah kriteria ketuntasan belajar (KKB) yang
ditentukan oleh satuan pendidikan.
Ø
Ø   KKM pada akhir jenjang satuan pendidikan untuk kelompok mata pelajaran selain ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan nilai batas ambang kompetensi


KKM ditetapkan oleh sekolah pada awal tahun pelajaran dengan memperhatikan :
1.       Intake (kemampuan rata-rata peserta didik)
2.       Kompleksitas (mengidentifikasi indikator sebagai penanda tercapainya kompetensi dasar)
3.       Kemampuan daya pendukung (berorientasi pada sumber belajar)
3.
RAMBU - RAMBU
Ø  KKM ditetapkan pada awal tahun pelajaran oleh satuan pendidikan berdasarkan hasil musyawarah guru mapel di satuan pendidikan
Ø  Ketuntasan Belajar setiap indikator yang telah ditetapkan dalam suatu kompetensi dasar berkisar antara 0 – 100%.
Ø  Nilai KKM dinyatakan dalam bentuk bilangan bulat dengan rentang  0 – 100
Ø  Sekolah dapat menetapkan KKM di bawah nilai ketuntasan belajar maksimal, dan berupaya secara bertahap meningkatkan untuk mencapai ketuntasan maksimal
Ø  Nilai KKM harus dicantumkan dalam Laporan Hasil Belajar Peserta didik

FUNGSI KKM
Ø  Sebagai acuan bagi pendidik dalam menilai kompetensi peserta didik sesuai KD mata pelajaran yang diikuti.
Ø  Sebagai acuan bagi peserta didik dalam menyiapkan diri mengikuti penilaian mata pelajaran.
Ø  Dapat digunakan sebagai bagian komponen dalam melakukan evaluasi program pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah.
Ø  Merupakan kontrak pedagogik antara pendidik dengan peserta didik dan satuan pendidikan dengan masyarakat.
Ø  Merupakan target satuan pendidikan dalam pencapaian kompetensi tiap mata pelajaran.
Ø

MEKANISME PENETAPAN KKM
1.       PRINSIP PENETAPAN KKM
2.       LANGKAH-LANGKAH PENETAPAN KKM
3.       PENENTUAN KKM

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar